Selasa, 30 November 2010

Budaya Facebook Dikalangan Mahasiswa

Pada saat ini teknologi semakin berkembang dengan pesatnya. Segala kemudahan dapat diraih dengan mudah. Segala pekerjaan manusia yang awalnya dikerjakan dengan cara manual sekarang dapat dikerjakan dengan bantuan mesin. Seiring dengan perkembangan teknologi maka jarak antar suatu wilayah terasa dekat meskipun jarak yang sebenarnya jauh. Diawal abad 20 telah ditemukan Pesawat Telepon sebagai alat komunikasi awal menggunakan kabel setelah telegram. Dan ditahun 2000 berkembang pula sistem komunikasi menggunakan handphone sehingga semakin mempermudah komunikasi antar individu tanpa terbatas oleh jarak. Kemudian ditemukan internet dan E-mail yang membuat segala kebutuhan berkomunikasi semakin tidak terbatas oleh jarak.
Sekarang ini yang sedang sangat popular dikalangan masyarakat Indonesia adalah salah satu jenis dari jejaring sosial. Jejaring sosial adalah struktur sosial yang terdiri dari elemen-elemen individual atau organisasi. Jejaring ini menunjukan jalan dimana mereka berhubungan karena kesamaan sosialitas, mulai dari mereka yang dikenal sehari-hari sampai dengan keluarga. Istilah ini diperkenalkan oleh profesor J.A. Barnes di tahun 1954. Jejaring sosial adalah suatu struktur sosial yang dibentuk dari simpul-simpul (yang umumnya adalah individu atau organisasi) yang diikat dengan satu atau lebih tipe relasi spesifik seperti nilai, visi, ide, teman, keturunan, dll. Jejaring sosial sebenarnya bentuk baru komunitas di Internet yang saling terhubung dengan cepat. Ini berbeda dengan jejaring social lima tahun yang lalu yang mungkin lebih dikenal sebagai forum diskusi , chat, messenger atau milis dimana pola komunikasinya terbatas hanya dalam forum tersebut saja. Atau kalau mau lebih jauh, bentuk mailing list sebagai cikal bakal komunitas internet yang sudah lama digunakan. Yang sudah menjadi budaya dikalangan masyarakat khususnya mahasiswa adalah Facebook.Budaya juga dapat diartikan bagian dari kehidupan kelompok masyarakat baik dalam lingkup yang kecil maupun sampai lingkup yang lebih luas dan tidak dapat dipisahkan dari kegiatan sehari-hari.
Budaya Facebook dikalangan Mahasiswa menimbulkan dapak positif dan dampak negatif.  Dengan Facebook kita bisa menemukan teman-teman lamaatau saudara kita yang sudah lama tidak dapat berkomunikasi karena terbatasnya informasi untuk dapat berkomunikasi. Selain itu dengan adanya Facebook Kita dapat membuat suatu komunitas untuk sesuatu yang kita senangi contoh Fans Club atau sebagai wadah kita untuk memprotes sutu hal yang kita tidak sukai. Terlebih lagi dikalangan mahasiswa Facebook merupakan wadah yang sangat penting untuk mengkritik pemerintah atau kebijkan kampus yang dirasa tidak sesuai dengan aspirasi mereka. Mahasiswa bisa dengan bebes menyuarakan apa yang ia inginkan. Disamping itu Facebook juga sebagai tempat promosi suatu barang sehingga jarak saat ini dirsa sangat dekat.

Disamping dampak positif yang dipaparkan diatas Facebook juga menimbulkan dampak yang juga sangat memprihatinkan. Banyak kejahatan juga menggunakan media Facebook belakangan sedang maraknya penculikan yang berawal dari perkenalan lewat Facebook. Facebook menggunakan media dunia maya hal ini membuat pelaku kejahatan dengan mudah memalsukan identitas untuk mendapatkan korban. Saat ini masih ada pula mahasiswa yang tertipu dengan perkenalan didunia nyata bahkan menjadi korban penculikan. Dari Facebook juga menimbul kan dampak yang juga serius dikalangan masyarakat lingkungan sekitar yaitu kurangnya sosialisasi individu pengguna Facebook dengan lingkungan sekitar tak jarang mahasiswa juga semakin tidak peka terhadap lingkungan sekitar tempat tinggalnya. Tak jarang pelaku Facebook cenderung Introvert karena lebih senang dengan dunia maya dibanding dengan dunia nyata.
Dari pemaparan diatas penulis mengharapkan agar penggunaan Facebook menjadikan peradaban manusia saat ini semakin maju. Dengan adanya Facebook diharapkan kepekaan sosial didalam diri mahasiswa semakin terasah. Karena Facebook juga dapat membantu kita untuk memperdekat jarak sehingga segala informasi penting dapat dengan mudah tersampaikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar