BAB I
PENDAHULUAN
A. Abstraksi
- Dalam rangka mewujudkan tujuan pendidikan secara maksimal maka diperlukan proses pembelajaran yang kondusif dengan melibatkan semua komponen pembelajaran secara optimal. Salah satu komponen penting yang menjadikan proses pembelajaran menjadi lancar dan kondusif adalah ruang kelas.
- Ruang kelas sebagai tempat belajar melakukan aktivitas pembelajaran memiliki peranan yang strategis dalam rangka menciptakan suasana dan rasabelajar bagi para siswa. Keberadaannya membawa dampak yang lebih luas seperti,rasa aman, rasa memiliki, ketenangan dan hal-hal positif lainnya.
- SMA Islam PB.Soedirman sebagai salah satu sekolah di Jakarta Timur juga merasakan betapa pentingnya keberadaan ruang kelas sebagai salah satu unsur penentu keberhasilan proses pembelajaran. Dari 20 ruang kelas yang ada 15 kelas dan 5 ruang praktik diantaranya Masih Kurang.
- Bertolak dari pemikiran di atas maka SMA Islam PB.Soedirman menganggap bahwa pembangunan ruang kelas baru di SMA Islam PB.Soedirman adalah hal yang sangat penting dan mendesak untuk diwujudkan.
Untuk itulah kami mengajukan PROPOSAL Bantuan Penambahan Ruang Kelas
B.Visi dan Misi
Visi
Menjadikan SMA TEKNOLOGI Industri yang dipercaya Masyarakat karena unggul dalam Iman,Taqwa,Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, serta berwawasan Global
Misi
Menyiapkan Peserta didik agar memiliki aqidah yang benar, akhlaq yang mulia, akal sehat,dan amal shaleh. Memberikan bimbingan dan pengajaran dan pelatihan kepada peserta didik agar memiliki pengetahuan dan keterampilan teknologi sehingga mampu mandiri. Meningkatkan hubungan kerja sama dengan DU/DI sehingga terwujud pelaksanaan program pendidikan system ganda yang bersinergi. Mengembangkan sikap professional, entrepreneur, kemandirian, dan kedisiplinan. Menerapkan nilai –nilai budaya dan karakter bangsa.
C. Tujuan dan Sasaran.
- Memberikan tempat belajar siswa dengan segalaperlengkapannya.
- Menghindari mobilitas siswa pada saat jam efektifsehingga waktu yang tersedia dapat digunakan untuk belajar secara optimal.
- Agar pelaksanaan praktik sesuai dengan tingkat kemampuansiswa tanpa adanya alasan keterbatasan tempat di sekolah.
BAB II
PROGRAM PENAMBAHAN RUANG KELAS
A. Tahap Perencanaan
- Melakukan pendataan kondisi bangunan
- Membuat gambar sesuai kebutuhan :
- Tata letak bangunan
- Denah, tampak, potongan
- Instalasi listrik penerangan
- Instalasi air bersih dan air kotor
- Gambar detail meliputi antara lain : kolom, atap, kosen,dan kuda-kuda dll.
c. Menyusun analisis kebutuhan bahan dengan jenis dankwalitas sesuai dengan kondisi setempat, analisa harga satuan dan tenaga kerja;
d. Membuat RAB pekerjaan penambahan ruang baru sekolah;
e. Membuat rencana waktu pelaksanaan pekerjaan;
f. Menyusun rencana kebutuhan tenaga kerja.
B. Tahap pelaksanaan
- Mengarahkan dan membimbing secara periodik kepadapelaksana selama pekerjaan berlangsung.
- Memeriksa dan membuat laporan kemajuan pekerjaan terhadaphasil pelaksanaan pekerjaan Pembangunan yang dilakukan oleh pelaksana.
- Memantau dan membuat laporan harian, mingguan dan bulananpelaksnaan pekerjaan kepada tim pembangunan
- Membuat foto perkembangan fisik pekerjaan yang menunjukan
- kondisi awal (0%), menengah (50%) dan akhir (100%).
BAB III
Metologi Pelaksanaan
A. Studi Pustaka
Penulisan ini menggunakan konsep studi lapangan atau dengan kata lain penulis mengambil data-data secara langsung dari SMA Islam PB.Soedirman, yang berada di Jl. Raya Bogor Km.24 Cijantung Jakarta Timur Indonesia.
B. Rencana Pembiayaan Ruang Kelas Baru secara Keseluruhan
Dana yang dibutuhkan untuk pembangunan ruang kelas barusecara keseluruhan adalah sebesar Rp 250.000.000,00 ( Dua Ratus Lima Puluh Juta Rupiah )dengan rincian anggaran biaya terlampir.
Kami berharap bahwa proposal ini mendapat persetujuansehingga Pembangunan Ruang Kelas Baru di SMA Islam PB.Soedirman segera dapat direalisasikan guna menciptakan suasana proses pembelajaranyang kondusif dalam rangka pencapaian tujuan pendidikan secara maksimal, Amien.
Jakarta, 07 Oktober 2011
Menyetujui,
Kepala Sekolah
kawan, karena kita sudah mulai memasuki mata kuliah softskill akan lebih baik jika blog ini disisipkan link Universitas Gunadarma yaitu www.gunadarma.ac.id yang merupakan identitas kita sebagai mahasiswa di Universitas Gunadarma juga sebagai salah satu kriteria penilaian mata kuliah soft skill.. terima kasih :)
BalasHapus